Sabtu, 09 Mei 2015

Berbagi file dengan Multi Platform (Android, iOS, PC /Windows)



Dengan semakin berkembangnya teknologi, kebutuhan akan data digital semakin meningkat. Berbagi file, saling tukar data digital sudah tidak dapat dihindari lagi. Dari mulai menggunakan kabel sampai tanpa kabel.

Mulai dari Infra Red pada zaman dulu. Ada dua versi yaitu versi 1.0 memiliki kecepatan transfer data dari 0,576 hingga 115,2 kbps, sementara versi 2.0 memiliki kecepatan 0,576 hingga 1,152 Mbps. Cuma kekurangannya Infra Red ini tidak bisa terhalang sesuatu pada saat proses transfer data, karena ini memang Infra Red ini merupakan cahaya dan jaraknya + 1 meter.

Perkembangannya tidak cukup sampai di situ. Berkembang ke bluetooth yang kecepatan dan cakupannya  semakin berkembang, karena menggunakan transmisi radio. Bluetooth yang kita kenal saat ini memang memiliki banyak versi. Versi awal yang muncul adalah v1.0 dan v1.0B. Versi awal ini mengalami kegagalan karena perangkat dan teknologi yang belum begitu banyak digunakan. Bluetooth v1.1 menunjukan perbaikan dengan disahkan sebagai standar IEEE Standerd 802.15.1-2002, Versi ini juga masih membawa beberapa kekurangan versi sebelumnya. Akhirnya versi sukses untuk teknologi wireless ini didapatkan pada v1.2. Versi ini memiliki kompatibilitas dengan teknologi sebelumnya dengan kecepatan 721 kbit/s. Perkembangan tidak berhenti sampai di situ, Bluetooth v2.0 + EDR mendukung kecepatan transfer data hingga 3 Mbit/s, meskipun pada prakteknya kecepatan yang ada hanya 2,1 Mbit/s. Tiga tahun setelah peluncuran v2.0 + EDR. Bluetooth SIG mengumumkan Bluetooth v2.1 + EDR yang mendukung penuh kompabilitas terhadap versi sebelumnya. Pada versi ini diperkenalkan teknologi Secure Simple Pairing (SSP) yang meningkatkan kemampuan pengirim dan penerima sinyal antar perangkat. Bluetooth v3.0 + HS diperkenalkan pada 21 April 2009 yang menyediakan kecepatan hingga 24 Mbit/s. Bluetooth Low Energy (BLE) adalah hasil yang didapat dan akhirnya melahirkan Bluetooth v4.0. Konsumsi daya yang kecil, waktu pemakaian yang lebih lama, biaya produksi yang rendah, jangkauan yang lebih besar serta kecepatan transfer hingga 1 Mbit/s menjadi ke unggulan Bluetooth v4.0 ini. BLE tidak digunakan pada semua perangkat oleh karna itu Bluetooth V4.0 menggunakan teknologi Dual Mode, yaitu mengaktifkan dua tipe wireless. Koneksi wireless Bluetooth Classic yang masih banyak digunakan pada perangkat yang ada dan BLE sebagai standar baru penggunaan koneksi wireless.
Waduh, sampai jauh-jauh amat ya pembahasannya. Heheheh....  Itu dapat sedikit contekan dari sebelah mudah-mudahan dapat bermanfaat. 

Tapi sebenarnya pembahasan kita bukan itu, belum lama ini saya menemukan aplikasi yang sangat bagus yang sesuai dengan judul kita yaitu “Berbagi file dengan Multi Platform (Android, iOS, PC /Windows)”. Aplikasi tersebut memang Multi Platform meskipun tiap platform memiliki Jenis tertentu sesuai platformnya. Nama aplikasi tersebut adalah ZAPYA. Aplikasi ini berfungsi sebagai penghubung antar platform tersebut. 

Untuk download Zapya bisa di Download di Bawah ini:
Untuk Android : di sini
Untuk iOS : di sini
Untuk PC/Windows : di sini
 
Cara Penggunaannya sebagai berikut :
1.   Untuk koneksi dari Android ke PC
-              -   Buka dulu Zapya yang ada di PC
     

-  Untuk Nama dan Password dari Zapya di PC bisa klik on 1, di situ akan ada settingan Nama dan  Password sesuai keinginan kita.
-        -  Tunggu sampai muncul tulisan on 2.
      - Setelah muncul on 2 buka Zapya di Android





a)      Pilih menu, Terhubung ke PC
b)      Hubungkan untuk bagi dengan PC
c)       Tunggu sampai ketemu nama Zapya yang di setting tadi
d)      Pilih namanya dan masukkan Password yang tadi di setting
e)      Koneksi berhasil setelah nama yang kita setting di PC muncul di Android
f)       Untuk mengirim data ke PC tinggal geser ke nama yang kita setting di PC
Semua file bisa di kirim termasuk Aplikasi yang telah terinstal di Android kita.
g)    Dan sebaliknya untuk mengirim data dari PC ke Android tinggal pilih Send File di aplikasi Zapya yang berada di PC.
Mudah sekali bukan, dan dengan kecepatan yang sangat luar biasa.

 2.      Untuk berbagi dengan iOS pun tidak jauh berbeda dengan cara terhubung ke PC
-                    -   Pertama buka Zapya yang di iOS dan setting seperti di PC
-                    -   Buka Zapya yang di Android
-                            Pilih Terhubung ke iOS

 
   -   Dan selanjutnya sama seperti koneksi ke PC

Demikian mudah-mudahan dapat membantu dan dapat berguna untuk semua rekan yang telah masuk ke Zona Asep Karwat.
Mohon maaf jika ada kesalahan, mohon di revisi di pojok Comment.

Salam hangat
ttd
Asep Karwat
Admin

Tidak ada komentar: